Resep Serabi Solo Durian

Siapa yang gak kenal durian? kyknya enak tuh ya kalo durian kita bikin kudapan yang lain dari biasanya, seperti serabi durian ini. Bagi penikmat durian mungkin ini bisa menjadi salah satu menu yang patut dicoba. Masakan kita mencoba menuliskan resep ini buat para pecinta durian.

Bahan:

225 gram tepung beras.
1/2 sendok teh ragi instan.
50 gram gula pasir.
1/2 sendok teh garam.
1 butir telur..
500 ml santan dari 1 butir kelapa.
1 lembar daun pandan, disimpulkan.
1/4 sendok teh garam.
150 gram daging durian.
2 buah (30 gram) nangka, dipotong kotak untuk taburan.

Bahan resep areh:
200 ml santan dari 1/2 butir kelapa.
1/4 sendok teh garam.
1 lembar daun pandan, disimpulkan.

Cara pengolahan resep:

  1. Areh: rebus santan, garam dan daun pandan sambil diaduk di atas api kecil sampai kental. Sisihkan.
  2. Rebus resep santan, daun pandan dan garam sambil diaduk sampai mendidih. Angkat.
  3. Tambahkan daging durian. Blender halus. Ukur 600 gram. Biarkan hangat.
  4. Campur resep tepung beras, ragi instan, gula pasir dan garam. Aduk rata. Tambahkan telur dan aduk rata.
  5. Tuang campuran resep santan sedikit-sedikit sambil diuleni dan dikocok dengan keceptan rendah 15 menit. Diamkan 1 jam.
  6. Panaskan wajan besi yang diberi parutan kelapa. Aduk-aduk kelapa sampai berminyak. Buang kelapanya dan panaskan 5 menit lagi dengan api sedang.
  7. Taung resep adonan di wajan besi. Tekan bagian tengahnya sampai berkulit bagian sisinya. Biarkan sampai mengembang. Tabur nangka. Kecilkan api. Tutup dan biarkan sampai matang. Oles dengan resep bahan areh.
Resep serabi solo durian ini untuk 24 buah


Sumber: Tabloid Saji

9 komentar:

Atca mengatakan...

hmm aku kok lebih suka makan duriannya langsung yah...tapi boleh juga nih dicoba...makan durian versi serabi, kayaknya mantapppp

frizzy mengatakan...

Ini dia ni yg aku suka. Duren dan duren...

Cheers, frizzy.
Blogger pecinta segala macam duren

Lyla mengatakan...

hehehe... di jogja banyak mbak... tinggal beli aja soalnya gak punya alatnya dan saya pemalas hehehehe

umi rina mengatakan...

mauuuuu duriannya....kapan ya daku makan durian lagi???? :((

ditunggu kirimannya ya...:)

aa.LiL - belajar dan berbagi mengatakan...

beuh,, baru tau uy kalo oslo pny surabi... hihihi

abie mengatakan...

@ aLiL: di oslo gak ada yg namanya surabi
deuhh jadi inget sama surabi imut di enhai nih...:D

MASTER OF SURABI mengatakan...

BUAT KALIAN YG ADA DI BALI OR KEBETULAN DATENG K BALI,,
HARUS COBAIN TUH SURABI CEPOT BANDUNG
RASANYA MANTAP BGT DECH,,,
PERTOKOAN SUDIRMAN AGUNG JL.PB.SUDIRMAN.
ADA RASA DURIAN JUGA

Akrum in Says mengatakan...

wah mantep" tuhh...
mau jajal ahh...
>.<

bubun mengatakan...

Mau jualan surabi? Kami punya 40 resep surabi bandung komplit silakan hubungi bubunmailbox@yahoo.com/ ym:bubunmailbox phone 022-61008502. Komplit dengan penghitungan recipe dan photo product-nya.

Copyright © 2008 - masakan-kita - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template