Aneka Hidangan Untuk Anak

Resep aneka hidangan untuk anak ini, request dari mimi yang bingung dengan anaknya yang sulit makan. Anaknya kurang suka dengan sayuran, makanya dia request menu bergizi yg simpel dan mudah dibuat. oke deh... ni ada beberapa resep masakan yang yang dimaksud. Semoga bisa membantu ya...

Cah Bakso Sayuran

Bahan:
150 gr wortel, iris tipis bentuk bunga
75 gr kapri, iris serong jadi 2 bagian
150 gr bunga kol, potong per kuntum
150 gr bakso ikan bermotif
1/2 buah bawang bombay, iris panjang
3 siung bawang putih, memarkan
200 mL air kaldu ayam
1/2 sdt merica bubuk
garam secukupnya
1/2 sdt gula pasir
2 sdm minyak wijen


Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak wijen, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  2. Masukkan wortel, kapri, bunga kol, dan bakso ikan. Aduk rata.
  3. Tuang air kaldu, masak hingga mendidih.
  4. Tambahkan merica, garam, dan gula pasir. Masak hingga semua bahan matang dan air menyusut. Angkat, sajikan hangat.

Tips:
Bila sulit mendapatkan bakso ikan bermotif, Anda bisa mengganti dengan bakso buatan sendiri yang dicetak dengan bentuk menarik.


Sup Sayur Puyuh

Bahan:
10 btr telur puyuh, rebus lalu kupas
1 buah wortel, potong bentuk bunga/bulan sabit
50 gr bunga kol, potong per kuntum
7 buah jamur kuping, rendam hingga mengembang, potong
2 btg seledri, iris tipis
1 L air kaldu sapi
Bawang merah goreng secukupnya, untuk taburan
2 sdm minyak goreng

Bumbu:
3 siung bawang putih, memarkan
1 buah bawang bombay ukuran kecil, potong cincang
1 btg bawang perai, potong jadi 2 bagian
1 tangkai seledri
garam secukupnya

Cara Membuat:
  1. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum
  2. Tuang air kaldu dan bumbu lainnya, didihkan
  3. Masukkan wortel, masak hingga matang
  4. Tambahkan bunga kol, telur puyuh, jamur, dan kacang polong. Masak hingga semua bahan matang
  5. Masukkan seledri, aduk rata. Angkat
  6. Sajikan hangat dengan taburan bawang merah goreng.
Tips:
Jika suka, bisa ditambahkan juga daging sapi, danging ayam atau pun sosis.


Dadar Panda Sayuran


Bahan dadar:
4 butir telur ayam, kocok
50 gr tepung terigu protein sedang
100 gr wortel, serut halus
200 mL susu cair
1/2 sdt merica bubuk
Garam secukupnya
Margarin secukupnya

Bahan Isi:
250 gr daging ayam cincang
100 gr wortel, serut halus
75 gr tepung terigu protein sedang
2 btr telur ayam, kocok
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
1/2 sdt merica bubuk
Garam secukupnya
4 sdm margarin

Pelengkap:
10 lmbr bayam hijau, rebus
10 lmbr daging asap, tumis
1 buah wortel, bentuk lengkung, rebus
Sus tomat secukupnya


Cara Membuat:
  1. Dadar: Campur semua bahan dadar, kecuali margarin, aduk hingga rata. Saring bila perlu. Panaskan pan dadar, olesi margarin. Tuang 1 sendok sayur adonan dadar, ratakan. Masak hingga dadar telur matang. lakukan hingga adonan habis, sisihkan.
  2. Isi: Campur semua bahan isi kecuali margarin, aduk rata. Ambil adonan, bentuk bulat lonjong. Panaskan margarin, masukkan adonan isi. Masak hingga matang, angkat.
  3. Ambil selembar kulit (dadar), atur di atasnya bayam dan daging asap. Tambahkan isi diatasnya. gulung, padatkan, dan rapikan.
  4. Porong setebal 3 cm, hias atasnya dengan wortel untuk telinga dan saus tomat untuk mata dan mulut. Sajikan

====================================================================

Anda juga bisa memberikan si kecil hidangan cake yang di dalamnya berisi sayuran seperti cake wortel yang bisa dilihat disini. Berikut ini saya akan berikan resep puding yang bergizi untuk si kecil Anda.


Puding Tomat Susu

Bahan:
4 buah tomat yang kulitnya masih keras
1 bungkus agar-agar bubuk warna putih
100 gr gula pasir
600 mL susu cair

Cara Membuat:
  1. Buat lubang kecil dibagian atas tomat
  2. Keluarkan bagian dalam tomat hingga bersih
  3. Campur bagian dalam tomat tadi dengan 200 mL susu cair. Blender hingga tercampur rata, saring dan sisihkan.
  4. Campur agar-agar bubuk, gula pasir, sisa susu cair dan campuran tomat yang sudah disaring. aduk rata
  5. Rebus campuran agar-agar dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih. angkat dan biarkan uap panasnya hilang
  6. Tuang adonan agar-agar ke dalam tomat hingga penuh. bekukan
  7. Potong-potong puding tomat susu. Sajikan

18 komentar:

BrenciA KerenS mengatakan...

ijin ngelink ya.. buat contekan nih kalo mo masak..

Veterinarian mengatakan...

wah ok banget Bunda...nanti zie kalau dah punya anak mau niru Bundah ah...biar ziezie yunior doyan maem biar sehat

bunda azka mengatakan...

Hemm... bagus juga nih. Buat simpenan klo besok2 azka sulit makan.
good post

Ifat mengatakan...

doh klo mampir kesini bawannya laper nih....

yami enak nih....

Lyla mengatakan...

wah... makin enak2 nih masakan mbak...

MJ mengatakan...

hayooo... ketauann... mampir ke tempat mbak tyas ya... hehe... maap mbak saya baru sempat mampir...IM2nya ngadat2 mulu

aaLiL mengatakan...

waaahh tiap mampir disini laper terus jadi nya..

hehehehehe :D

MU Fans mengatakan...

gak bosan2nya aq komen disini..soalnya bnyk resep2 masakan...hmmmm..

@ Coy mengatakan...

Oenak tenang jadi laper nih lihat makanan hehe...
mau q coba ah dirumah hehe..
biar pun untuk diri sendiri hehehe...

anggi mengatakan...

mantab nan lazizzz...

salam kenal boZ~

Blog Competition 2009 mengatakan...

wah jadi peingin nyobain masak resep2nya.

belajar dan berbagi mengatakan...

mantaab bener deehh...pesen dunk resep masakan yg lebih aneh2 gt,,lmayan bwt tambahan menu masakan ibuku..hehehe..thanks

Brigadista mengatakan...

Biar katanya buat anak, ko aku jadi pengen ya???

Medical-Equipment mengatakan...

sayang belum punya istri,coba kalo udah punya saya suruh sering2 kesini...! wakakakakakakak....

debrian mengatakan...

hee... ngiler neh

zulkarnain mengatakan...

wah mantab neh hidangan... boleh nyicipi?

Dunia SPG mengatakan...

ini satu postingan 3-4 resep ya??
hehehe..
pagi2 gini uda ngiler nih.. :P

Resep Masakan mengatakan...

mantap neh resepnya

Copyright © 2008 - masakan-kita - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template